Halaman

Jumat, 23 November 2012

Definisi golongan darah



Golongan darah adalah penggolongan darah menurut tipenya. Darah manusia secara umum dibagi menjadi golongan A, golongan B, Golongan AB dan Golongan O. Penggolongan darah ini adalah penggolongan darah umum yang sudah dikenal oleh masyarakat luas.
Kenapa darah perlu digolong2kan? Pada dasarnya sifat darah sendiri sangat sensitif terhadap “zat” asing yang masuk ke dalam lingkungannya. Darah akan melawan zat asing tersebut dengan kemampuan pertahanan yang dia punyai. Adapun penggolongan ini di maksudkan agar zat yang masuk ke dalam darah adalah zat yang tidak asing menurut mereka dalam arti sama. Penggolongan ini mempermudah kita untuk menyamakan antara darah yang ada di dalam tubuh dan darah lain yang akan dimasukkan ke dalam tubuh. Proses ini biasa disebut juga transfusi darah. Dalam proses transfusi darah ada yang namanya pendonor dan resipien atau penerima. Golongan darah antara pendonor dan resipien inilah yang musti disamakan.
Adapun penggolongan lain pada darah yaitu penggolongan rhesus. Banyak masyarakat awam yang kurang mengetahui apa itu Rhesus. Istilah ini memang tidak terlalu populer tetapi sangat penting untuk diketahui oleh masing2 orang karena hal ini sangat vital.

sumber: blog.tetanga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar